Tegal Kembali Unjuk Gigi Dijagad Perfilman Dengan ‘Titik Balik’

INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal. Para seniman Tegal nampaknya tidak akan puas berhenti dengan kesuksesan film Turah yang sempat mewakili Indonesia melalui kategori film asing atau foreign language film. Setelah film Turah tahun 2017 mewakili Indonesia di ajang Academy Award atau Oscar ke-90, kini sebuah film tidak lama lagi akan diluncurkan dengan film ‘Titik Balik’. Film polesan Sastrawan Tegalan, Lanang Setiawan itu mengisahkan Biografi seseorang. Perjalanan berliku seorang anak yang kelak dikemudian hari menjadi seorang Walikota Tegal.

Sebuah film empirik dari sosok Nursholeh yang sekarang menjabat seorang Walikota Tegal. Ide yang muncul dari seorang sastrawan yang juga dosen Universitas Pancasakti DR. Maufur tersebut digarap Komunitas Sastrawan Tegalan dengan Lanang Setiawan selaku Sutradara dan penulis naskah skenario.

Disebutkan selain film itu untuk menghibur penontonya, salah satu tujuan lainnya agar dapat menginspirasi dari segi positif. Hal itu yang mendasari terlaksananya pembuatan film ‘Titik Balik’ hingga selesai dan rencananya akan diluncurkan kisaran akhir tahun ini.

‘Titik Balik’ merupakan film potret kesederhanaan dari kisah perjalanan hidup Nursholeh waktu kecil bersama kedua orang tua dan saudaranya. Kisah itu diangkat dari buku biografi Nursholeh berjudul sampul Kang Nur ; Olih-Olihe Wong Sabar.

“ Film ini berkisah tentang kehidupan Kang Nur (Nursholeh – red) masa kecil dan keluarganya yang hidup dalam keterbatasan ekonomi. Film ini sarat dengan pitutur dan perjuangan tanpa kelu, kerja keras dan doa,” Ujar Lanang Setiawan.

Menurutnya, pembuatan film tidak mesti dengan asumsi anggaran yang besar. Semua dapat dilakukan dengan kemauan yang keras, kreatifitas dengan inovasi-inovasi yang cukup terukur, maka penggarapan film dapat terselesaikan dengan baik.

“ Semua tergantung kemauan keras untuk mengerjakan. Terbukti alkhamdulillah film ‘Titik Balik’ ini dapat terselesaikan dengan baik dan hasil yang maksimal,” Kata Lanang Setiawan pada Kantor Berita Online Jurnalis Indonesia Satu, www.indonesiasatu.co.id, Senin, (12/11).

Film ‘Titik Balik’ yang mengambil setting suasana ditahun 1990 an dengan durasi 45 menit itu didukung sejumlah pemain lokal potensi serta didukung salah satu aktor film Turah seperti Slamet Ambari yang sukses menyabet penghargaan hingga ke ajang nasional dan internasional.

Rencananya, film yang banyak mengambil lokasi di kota dan kabupaten Tegal itu akan diputar perdana pada saat pelaksanaan Lomba Maca Potongan Biografi Walikota Tegal dipenghujung tahun ini. (Anis Yahya)

  • Whatsapp

Index Berita