Teguh Juwarno Dorong Angkatan Muda Muhammadiyah Aktif Berpolitik Termasuk Pileg 2019

INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal. Anggota Komisi VI DPR RI Ir. Teguh Juwarno, Msi menyampaikan harapannya pada angkatan muda Muhammadiyah untuk terlibat dalam perhelatan politik termasuk menghadapi pemilihan legislatif tahun depan 2019. Harapan itu disampaikan lelaki bertampang mirip ‘bung karno muda’ ini dalam acara Halal Bi Halal Keluarga Besar Muhammadiyah Dan Pelepasan Calon Jamaah Haji KBIH Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Kabupaten Tegal, di Pendopo Hanggawana, Slawi Kabupaten Tegal, Minggu (1/7).

“ Kita dorong angkatan muda Muhammadiyah untuk terjun dalam politik termasuk dalam pileg 2019,” Ujar Teguh Juwarno didepan auiden yang dipenuhi calon-calon jamaah haji yang tergabung dalam KBIH Muhammadiyah.

Acara Halal Bi Halal dijadikan sebuah ajang refleksi bagi angkatan muda untuk menghargai maupun rasa hormat kepada para orang tua maupun sesepuh Muhammadiyah agar anak muda tidak terjebak dalam adagium ‘Galil Adab’ atau tidak punya tata krama alias tak beretika. Termasuk Teguh Juwarno meski sudah mendapatkan kedudukan maupun jabatan yang cukup baik dalam pemerintahan sebagai anggota DPR RI ataupun figur publik yang cukup populer, namun dirinya tetap sadar posisi selaku anak muda yang harus tetap mengembangkan sikap tabik terhadap para orang tua maupun sesepuh didalam masyarakat pada umumnya maupun Muhammadiyah pada khususnya.

“ Meski saya bukan orang Muhammadiyah, tapi saya datang kesini ingin melihat dan mendengar langsung pak Teguh Juwarno. Saya doakan semoga beliau terjaga dari segala yang berbenturan dengan persoalan hukum. Organisasi parlemen itu kan kolektif kolegial, semoga beliau tetap terlindungi dan tidak kena srambah uyah,” Kata Untung Prasetyo salah seorang awak media kepada Kantor Berita Online Jurnalis Indonesia Satu (JIS) usai acara.

Hadir dalam acara halal bihalal, sesepuh Muhammadiyah Kabupaten Tegal KH Mudzakir Fauzi, Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Tegal Heri Susanto, Ketua DPD PAN Kabupaten Tegal Ir. Yuswan Maulana, Ketua PDM Kabupaten Tegal H. Arif Azman, SE, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah H. Wahyudin Noor Aly, anggota DPRD Kota Tegal Hj. Nur Fitriani, SE, Akt, beberapa anggota DPRD Kabupaten Tegal dari PAN serta hadir pula Sudirman Said calon gubernur Jawa Tengah yang perolehan suaranya masih belum resmi diumumkan KPU Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Teguh Juwarno, acara halal bi halal itu selain menjadi ajang silaturahmi, juga diharapkan hal itu dapat mempererat hubungan atau ukhuwah antara Muhammadiyah dengan PAN. Senada dengan Teguh, Hj. Nur Fitriani, SE, Akt anggota DPRD Kota Tegal dari fraksi Pantura menyebutkan keberadaan Teguh Juwarno perlu dipertahankan di DPR RI.

“ Iya lah. Beliau sangat konsisten dengan amanah yang diemban. Jadi perlu dipertahankan. Beliau selalu mendengar aspirasi dari bawah, lebih bottom up, bahkan ketika menjadi anggota DPR RI tidak lagi membedakan Muhammadiyah atau Nahdliyin. Kedua aspirasi ormas itu sering ditampung dan terealisir dengan baik meski ada skala prioritas. Itu artinya mas Teguh ketika di DPR RI, beliau merasa menjadi milik bersama masyarakat secara umum,” Ujar Ani panggilan aleman Hj. Nur Fitriani, SE, Akt pada Jurnalis Indonesia Satu disela acara halal bi halal.

Menurutnya, Teguh Juwarno sangat memperhatikan etika kepada para sesepuh Muhammadiyah. Hal itu terbukti sebelum momen acara halal bi halal digelar, Teguh Juwarno disebutkan menyempatkan untuk berkeliling menyambangi para sesepuh seperti ke kediaman keluarga Alm. H. Hisyam Adnan, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tegal H. Nadirin Maskha, serta sesepuh Muhammadiyah Kabupaten Tegal KH. Mudzakir Fauzi serta beberapa sesepuh lainnya.

Acara halal bi halal keluarga besar Muhammadiyah dapat berjalan lancar dengan dihadiri sekira lebih dari 750 orang dalam pengawalan satuan pengamanan Muhammadiyah Kokam dan persatuan bela diri Tapak Suci.

“ Alkhamdulillah acara dapat berjalan dengan lancar,” Ujar Ketua Panitia yang juga Ketua Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Tegal, H. Arif Azman, SE. (Anis Yahya)

  • Whatsapp

Index Berita